Sentul City

0
8

KOTA MANDIRI BERNUANSA PEGUNUNGAN NAN SEJUK

Sebelum bernama Sentul City, kawasan ini bernama Bukit Sentul. Perubahan nama ini didahului dengan perubahan nama pengembangnya dari PT Bukit Sentul Tbk menjadi PT Sentul City Tbk. Sentul City adalah sebuah kawasan “kota pegunungan” seluas kira-kira 3000 hektare yang berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, di sebelah timur Kota Bogor.

Sentul City yang didirikan pada 1993 sudah menerapkan konsep Garden City. Hal ini dipengaruhi dari sisi alamnya yang dikaitkan dengan tata ruang makro Jabodetabek, yang hanya diperbolehkan didirikan bangunan 40-50%, berdeda dengan daerah lainnya yang struktur daerahnya cenderung datar.

Vice President Director Sentul City, Andrian Budi Utama mengatakan, seiring perkembangan zaman, pertumbuhan populasi, bangunan dan sebagainya, Sentul City mencanangkan konsep pengembangan baru, yaitu City of Innovation, yang didasarkan pada studi riset dan sebagainya tahun 2009.

Konsep City of Ennovation mempunyai empat pilar pengembangan yang memperlihatkan kemajuan yang signifikan. Pilar pertama, Eco City, yaitu pengembangan kota yang mengacu pada keselarasan lingkungan sekitarnya dengan mengusung konsep Green Property. Kemudian, untuk pilar kedua, yaitu Education and nowledge City. Pengembang properti ini mengembangkan fasilitas pendidikan formal dan nonformal yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Pilar ketiga, yaitu Entertainment and Destination City, kawasan yang awalnya pegunungan diubah menjadi kawasan wisata dan komersial terpadu, termasuk fungsi akomodasi yang didesain menjadi tujuan wisata dengan fasilitas kota bertaraf International. Terakhir, pilar Art and Culture City, yaitu mengembangkan aspek seni dan budaya, melalui sarana dan prasarana untuk tempat pertunjukan kebudayaan dan tempat-tempat yang bernuansa tradisional. Sentul City mendirikan Kota Mandiri Terpadu sebagai kawasan permukiman dan resort, yang telah didukung dengan infrastruktur, seperti pintu tol Sentul Selatan (Jakarta – Ciawi) dan Tol Sentul Barat (Sentul City – Kedunghalang), yang memberikan akses langsung untuk mencapai dan keluar dari Kota Mandiri Sentul City.